Kamu yang ke:

Rabu, 19 Februari 2014

Apakah kita sudah menjadi pengguna media sosial yang cerdas?

source
Zaman sekarang kalo gak punya satu aja akun di media sosial pasti bakalan dibilang kuper aka kurang pergaulan. Bahkan yang punya akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, path, dsb bukan hanya kalangan anak muda aja tapi sampai kalangan orang tua. Semuanya bebas memakai media sosial tanpa mengenal usia dan golongan, tapi tergantung kemampuan dananya. Hehehe

Tapi ternyata banyak hal yang belum kita tau dan kita kuasai. Apakah kita sudah menjadi pengguna media sosial yang "cerdas"? Apakah kita semua sudah tau apasih sebenarnya media sosial itu? Apakah kita tau apasih kegunaannya media sosial? Dan, apakah kita tau apa dampak positif dan negatifnya ketika kita menggunakan media sosial? Coba di jawab dalam hati aja dulu coy...

Kalau kita googling mencari pengertian media sosial, jadi menurut Wikipedia:
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Dari pengertian media sosial itu, ada 3 kata yang perlu awak garis bawahi, yaitu
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan.

1. Berpartisipasi
Di media sosial khususnya twitter, kita mendapat kemudahan untuk berpartisipasi dengan berbagai kegiatan, baik itu kegiatan untuk acara hiburan, politik, atau sosial. Salah satu hal yang paling mudah kita lakukan untuk berpartisipasi dalam suatu acara adalah dengan bermain "hestek" (#). Yup, sekarang kan banyak tuh acara-acara di televisi mengajak penonton untuk ikuti acara mereka melalu twitter dengan berbagai macam clue yang gak lain gak bukan adalah main hestek. Tujuannya ya pasti supaya menjadi TTWW (Trendinng Topic WorldWide) sehingga acara tersebut banyak diketahui dunia.

Tapi, semenjak para ababil mengkuasai dunia #caileeh, permainan hestek itu makin menjadi-jadi. Bahkan sering yang menjadi TTWW itu hal-hal konyol yang terkadang buat gemes sendiri.

yaelah broo -___-
Sadar gak sih, terkadang TTWW konyol tuh sering dibuat sama kita, iyaaa kita warga Indonesia Raya, khususnya para fans Boy/Girl Band. Duh, dari sini aja kita belum paham kan ya cara menggunakan sosial media yang baik? Bermain sosial media juga ada aturannya loh, itu sih yang awak tau. Jangan hanya karna ingin dikenal dunia malah buat orang lain geleng-gelengkan kepala.  Hehehe

2. Berbagi
Ini sih emang nyata banget yaaa... Dengan media sosial kita bisa berbagi informasi dari satu orang ke orang lain, jadi gak usah bingung lagi kenapa berita-berita di dunia ini cepat kali tersebar. Tapi ada satu hal yang membuat awak menaikkan alis ketika melihat media sosial seperti path, instagram, dan foursquare diconnect ke twitter dan facebook. Supaya apasih?? Bukannya path itu merupakan media sosial yang cukup privasi? karena pertemanannya aja dibatasi, beda sama media sosial lainnya. Lah ini kenapa diconnect kan ke twitter dan facebook? Bukannya path beda sama foursquare ya? Lah ini kok path seolah-olah dibuat jadi foursquare ya? Kembali lagi awak bertanya, supaya apa sih? Duh, media sosial kok dibuat kayak nasi campur :'(

Awak juga heran dengan akun media sosial yang digembok, kayak twitter dan instagram. Ini yang ngelakuin orang biasa, bukan para selebritis dan selebtweet. Tunggu dulu deh, media sosial beda kan dengan buku diary? Beda juga dengan sepeda motor kan? Huhehehe

Kita semua ini punya hak untuk saling berbagi, baik itu berupa benda atau berupa informasi. Kita gak pernah tau apa yang kita posting bisa buat teman-teman kita tertarik atau enggak, ya selagi kita berbagi yang positif yang pasti berguna bagi orang lain. Lah kalo media sosial dipake untuk galau-galau trus buku diarynya gimana? Huhuhuhu

Bedakan pula mana hal-hal yang layak untuk dipublikasikan dan yang tidak layak. Teknologi semakin canggih, dan cara berfikir manusia juga semakin beringas. Hati-hati dengan apapun yang kita share di media sosial.

3. Menciptakan
Melalui media sosial ternyata kita bisa menciptakan suatu hal yang bermanfaat bagi orang lain. Menciptakan disini bukan cuma menciptakan hal-hal yang wow banget. Contoh nyatanya, melalui media sosial kita bisa mencipatak peluang usaha dengan melakukan usaha onlineshop. Iyaaakaan? Hayoo ngaku siapa disini buka usaha onlineshop? Sini bagi akunnya, mana tau awak tertarik. Hehehe
Sebagai orang yang cerdas, ya pasti tidak akan membuang kesempatan ini. Tapi satu hal sih yang perlu dipegang, jangan menipu. Terkadang ada beberapa Onlineshop yang melalukan penipuan. Uuuh jauh-jauh deh dari yang begituan. 

Ada juga dengan media sosial kita bisa juga menciptakan suatu komunitas nyata, misalnya komunitas blogger, komunitas anime, komunitas pencinta binatang, dan masih banyak lagi. Awak sih uda gabung ke Komunitas Blogger kreatif Indonesia aka Kancut Keblenger. Hehehhe

Belakangan ini di facebook juga lagi heboh looh dengan penemuan terkereeeeen terkonyol #preeeet... Mau tau heboh apa? Nih! Hahahaha

dia kata Facebook bisa diubah jadi Friendster apa?
Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal positif yang bisa kita lakukan melalui media sosial. Tujuan awak buat postingan ini sih bukan untuk mengkritik tapi cuma mau mengingatkan saja, mana tau kaan ada yang lupa kegunaan media sosial itu apa. Dari sekarang yok kita sama-sama jadi pengguna media sosial yang cerdas, jangan jadi pengguna sosial yang egois. Huehehehe

So, sampai saat ini apakah kita sudah jadi pengguna media sosial yang cerdas? Yok mari kita bercermin :)





Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial
http://blog.docotel.com/2013/03/22/19-cara-ampuh-memperluas-jangkauan-sosial/ 
https://twitter.com/putriimayaa
https://www.facebook.com/putri.m.sihaloho

12 komentar:

  1. bener nih, kebanyakan pengguna sosial media sekarang udah mulai kehilangan jalur. dan ttww sekarang gak patut dipercaya lagi. buzzernya udah ngeri kali.
    aku jadi pengguna sosmed yang pasif aja deh. scrolling timeline mantan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak scrolling timeline mantan juga keleus, Man -__-"

      Hapus
  2. Thanks, this post inspires me much :)

    BalasHapus
  3. Hai, postingan yang bagus. Ijin blogwalking ya. :-)
    Ada info lomba nulis nih. Kamu bisa Cek ini!
    Makasih.

    BalasHapus
  4. Aku bisa dikatakan pengguna sosial media aktif juga, itupun kalau koneksi mendukung :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, koneksi juga tergantung dari dana :D

      Hapus
  5. 4.nyari calon jodoh
    yang ini ko' ga di cantumin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh kalo ini kayaknya "usaha sampingan" bro
      hahaha

      Hapus
  6. Gue baru tau kepanjangan dari TTWW dari artikel ini. Keren keren keren.

    Blogwalking : www.secerahmentari48.blogspot.com

    BalasHapus
  7. Social media juga jadi ajang jadi artis dadakan, behhh akibatnya banyak akun-akun palsu yang sukanya copas biar dikenal banyak orang kemudian dianggap selebtwit.

    BalasHapus
  8. emang sulit buat nggak terperosok ke titik negatif sebuah hal yang mengasyikan, tapi harus diminimalisir :D

    BalasHapus