Kamu yang ke:

Senin, 17 Juni 2013

demo dimana-mana, pusiiiiinggggg!!!

haaallooooo...
how are you today, guys? #caelah #sokpakebahasainggrissegala
awak kembali lagi menuangkan segala cerita plus cengkunek yang awak dapatkan kurang lebih seminggu ini... "cerita mulu yang di dapetin. kapan jodohnya?"

sebelum memulai postingan ini, awak mau mamer dulu ah, mau mamer buku #DigitalLoveKK yang udah awak beli hari Sabtu lalu, di Gramedia Gajah Mada Medan.
tadaaaaah! no pick=hoax, katanya
seminggu sebelum awak beli buku ini, awak pergi ke Gramedia Binjai Super Mall, eh ternyata Gramedia disana uda tutup. nyapeek-nyapekin badan doang :'(
nah, tiba lah hari Sabtu nya, gak tau kenapa awak ngotot kali pengen ke Gramedia Gajah Mada cuma mau beli buku #DigitalLoveKK ini, eh ternyata ada juga. gak sia-sia lah kecapekan awak kesana melewati kemacetan yang diakibatkan adanya sekelompok orang yang sedang berdemo. "apa demo? demonstrasi?"
yak, sekelompok orang itu lah yang memberi awak inpirasi sehingga bisa membuat postingan ini. *terimakaseeeeeh*

ya pada tau semua dong ya rencana pemerintah yang mau menaikkan harga BBM? kalo gak salah ingat awak nih ya, awal mula rencana BBM naik tahun 2012 kan ya? trus karna terjadi demo besar-besaran hampir diseluruh kota, sampai memakan jiwa jadinya rencana kenaikan BBM diundur dibulan Mei 2013? ada yang masih ingat?? mudah-mudahan daya ingat awak masih bagus ya, jadi gak salah kaprah.

awak memang gak pernah ikut berdemo, tapi ngeliat dan menikmati hasil dari demo itu sering. apa aja itu yang sering awak nikmati secara gak langsung?
ya jelas dong yang pertama itu awak menikmati kemacetan yang luar biasaaah dari sebelumnya. dulu waktu demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan BBM tahun 2012, dampak negatifnya banyak kali yang awak rasakan karena kemacetan dan ada beberapa jalan yang ditutup. saat itu pulak lah dibutuhkan "jalan tikus" untuk sampai tujuan dengan cepat dan bebas macet. saat itu juga rencana awak banyak yang tertunda karena ada beberapa ruas jalan yang ditutup padahal cuma dijalan itu satu-satunya menuju tujuan awak.
Aksi demo di Konsulat Jenderal Amerika Serikat, Jl. MT Haryono (massa KRSU) sumber: @ceritamedan
ternyata, saat demo para buruh dan mahasiswa/i, awak baru tau mereka dibayar dan dikasih makan. "tau dari mana put?"
ada beberapa kawan awak masuk diorganisasi kampus, nah disaat demo si kawan awak ini diajak ikut berdemo dengan imbalan dikasih uang. ada juga nih, anggota koperasi simpan pinjam bapak mamak awak yang saat itu nunggak bayar karna ikuut berdemo selama 3 hari. tiba ditanya mamak awak "emang wajib ya ikut berdemo itu?" ibu ini menjawab "iya mau gak mau harus ikut bu... setiap pabrik itu harus ada perwakilan, kalau gak ada perwakilan bisa dirusuhin sama buruh-buruh yang sweeping itu, jadi bos nyuruh perwakilan aja lah untuk ikut" "itu dikasih makan siang sama uang saku?" "cuma dikasih makan siang aja bu..."

ada satu hal yang paling awak pertanyakan sampai saat ini, kenapa berdemo itu harus pake acara kekerasan dan kekasaran? pake acara bakar-bakar ban segala dan ngerusak pom bensin. gak bisa dengan cara yang sehat aja kah? seperti berdemo sambil nyanyi lagu bang Iwan Fals - Manusia Setengah Dewa. mau tau lagunya seperti apa? klik disini
walaupun begitu, awak gak boleh menyalahkan satu pihak doang. seharusnya pemerintah kita harus tegas dalam membuat keputusan. ini dari tahun ke tahun selalu "rencana" kenaikan BBM. kapan naiknya? yang jelas-jelas aja deh. kalo gantung mulu kan gak enak. siapasih yang suka sama yang gantung-gantung? gak adakan? #apaini? ini belum ada keputusan, tapi rasanya udah kerasa. yang ongkos angkutan umum naik lah, harga sembako naik, semuanya naik.
dapat pengumuman dari Wamenhan, BBM naik tanggal 1 Juni 2013. eh tapi nyatanya sampe sekarang gak naik jugakan? karna banyak yang kontra dengan keputusan ini? setiap keputusan itu pasti ada yang pro dan ada yang kontra.

demo harga BBM naik mungkin gak akan terjadi kalo sebelumnya pemerintahan lebih mensosialisasikan mengenai bahan bakar yang digunakan rakyat Indonesia, lebih terbuka mengenai anggaran bahan bakar yang katanya untuk menolong rakyat miskin. awak sendiri termasuk orang yang asik-asik aja. sih...
kalo harga BBM gak naik? bagus lah kalo gitu, pengeluaran awak pun ikut gak naik. harga BBM sah naik? ya gak apa-apa, asal, emang benar apa yang dikatakan para kalangan pemerintah itu, bahwa harga BBM dinaikkan demi saudara-saudara yang kurang mampu. jangan manis didepan layar kaca, tebar kata-kata yang penuh dengan janji-janji semanis madu tapi dibelakang malah mentingin isi dompet dan isi perut sendiri. sebagai rakyat biasa, awak capek ngelihat sifat-sifat palsu para pemerintahan kita. kalo seandainya harga BBM fix naik, yang lebih merasakan itu ya saudara-saudara yang penghasilannya sudah "dicukup-cukupi". kasihan kan? jadi pulir Pancasila yang kedua - Kemanusiaan yang Adil dan Beradab itu gak tercapai!

udah deh, kalo ngebahas harga BBM gak akan habisnya sebelum ada kepastian dari pemerintah. mari kita nantikan pengumuman kenaikan harga BBM yang katanya diadakan hari ini. semoga keputusan yang diambil merupakan keputusan yang terbaik. semoga juga keputusan yang diambil itu gak buat kerja para demonstran gak sia-sia. kalo sia-sia? salam puk-puk aja deh :))

13 komentar:

  1. demo oh demo..
    kayaknye lebih sero kalo demo masak deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama. awak juga setuju.ala-ala masterchef gitu. hahaha

      Hapus
  2. Picnya masih di gramed, bisa aja ditaruh lagi hehe :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, uda beli kok :p tuh foto profil facebook ku buktinya :p

      Hapus
  3. Demo sekarang udah beda sama demo2 jaman awal2 reformasi dulu, sekarang banyak yang anarkis, blom lagi ditunggangi kepentingan2 tertentu #plamface

    Salam kenal dari sesama penghuni Jamban Blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. demo sekarang seperti ada "udang dibalik bakwan" :p

      Hapus
  4. Wah demonya sampe medan ya? dikiran di Jakarta doang. Rusuh amet yak berarti. :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya sampe ke beberapa kota di negara ini demonya. heboh lah pokoknya --"

      Hapus
  5. Coba demonya gak pake lempar batu tapi pake lempar bolu bakalan aku tangkep tuh bolunya, hahaha,

    Hai salam kenal, datengin blog aku ya di http://litarachman.blogspot.com, join blog aku juga ya dan kasih kritik dan saran juga di kotak komentar aku,
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, yayaya .. apalagi kalo lempar uang. :p

      Hapus
  6. Di tempat gue yang jauh di sini aja demonya udah lumayan. Gregetnya, jalan ditutup dan gue bener nih, terpaksa muter-muter jalan sampe kehabisan bensin. Oh no... katanya demo demi rakyat, tapi malah nyusahiin sesama rakyat. No komen deh buat pemerintah... Huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget. kita tersiksanya bukan karna masalah kenaikan bbm, malah dibuat kesusahan perkara demo nya. :p

      Hapus