Kamu yang ke:

Rabu, 26 Juni 2013

nilai plus dari sebuah bekal-makan siang...

halooo para blogwalking...
yak, awak kembali lagi ke blog ini dengan topik terbaru, tapi  masih dengan status yang lama. #kode
entah kenapa, kalo mau buat postingan, awak selalu tersendat dikalimat pembukaan. dan ini lah alasannya kenapa awak gak ditakdirkan jadi Master of Ceremony a.k.a MC, karna kalo awak jadi MC, pasti acaranya gak bakalan dibuka karna awak gak tau cara membukanya gimana. *abaikan*

baiklah, postingan awak ini berkaitan dengan makanan.. ya kan sesuai dengan judulnya.
siapasih yang gak tau "bekal"? bekal itu bukan nama abang awak atau nama adek awak, atau apalah itu, tapi bekal yang awak maksut di postingan awak ini adalah bontot.

Sesuai dengan defenisinya Bekal itu adalah:
artikata.com
naaaah, sekarang udah tau kan maksud awak? siapasih yang gak pernah bawa bekal kemana-mana? mau pergi ke sekolah, kuliah, kerja, dan sebagainya pasti ada beberapa orang yang sering membawa bekal. membawa bekal untuk makan siang itu gak mengenal usia & jenis kelamin kok... gak usah malu .
maaak, mau bontot yang kayak gini mak.. :'((  (sumber: http://www.bentomonsters.com)
terkadang, banyak orang-orang yang malu untuk membawa bekal makan siang, khususnya nih buat pelajar dan mahasiswa. iyaakaaan? mereka lebih memilih untuk membeli makan siang di rumah makan atau cafe-cafe dengan bermodalkan uang pemberian orang tua mereka.
setelah awak teliti #caelah ada beberapa alasan kenapa pelajar  dan mahasiswa malas untuk membawa bekal makan siang, yok kita bahas satu persatu..
1) Mak, bawaan awak udah berat kali :(
mamak   : bawa makan siang mu tet, biar gak jajan sembarangan kau, nanti bisa sakit perutmu.
utet      : berat kali bawaan ku mak, ada 5 mata pelajaran hari ini. bawa kamus lagi aku nih... minta uang makan siang ajalah...
mamak  : bah!
naaah, terkadang alasan orang-orang gak mau bawa bekal dikarenakan gak mau repot dan gak mau nambah beban bawaan ke sekolah atau ke kampus. padahal, gak nya sampe 1 kg bekal makan siang itu.
pepatah mengatakan "dimana ada kemauan, pasti ada jalan" jadi kalo emang dari dasar diri kita mau bawa bekal makan siang demi menjaga kesehatan, pasti kita rela bawa bekal itu ya dengan cara bawa tas kecil yang bisa ditenteng ditangan. awak dulu waktu sekolah, bawaannya selalu berat. karna 1 hari itu ada 8-9 les, apalagi kalo ditambah kamus bahasa inggris yang super tebal. jadi, demi menghargai mamak awak yang udah capek-capek bangun pagi untuk buat makanan, jadi awak pun bawa bekal makan siang dengan cara dibungkus dikertas nasi, jadi bawaan pun gak berat, gitu siap makan, langsung dibuang. simple kan?


yang kayak gini nih! simple kan? :D (sumber:google.com)

 2) Hari gini bawa bekal? malu ah!
 Alasan kedua, karena malu. yaaak, yang bilang seperti ini pasti rasa gengsinya besar pake kali. betul kan?
entah apa yang dimalukan, padahal yang dilakukan itu hal yang baik, demi diri dia sendiri dan gak merugikan orang lain. sekali lagi awak bilang, hargai mamak kita yang udah bangun subuh-subuh nyiapin sarapan dan makan siang untuk keluarganya, kita sebagai anak harus menghargainya. tapi kebanyakan orang-orang ini makan siang di cafe-cafe, bisa nangkring-nangkring sambil nyari tulang rusuknya.

ya kalo emang harta makbapak kelen banyak, bisa makan ini itu tanpa mikirin susahnya nyari uang, ya gak apa-apasih. awak kan cuma mau memberi saran aja, dan awak juga mau ingetin, gak semua orang bisa seberuntung seperti kelen. diluar sana masih banyak yang pengen banget dibuatin bekal makan siang sama mamaknya, tapi keadaan berkata lain.

3) Awak anak kos woiii!
iya iyaa, buat yang ini emang wajar kok... gimana mau minta dibuatin bekal, kan jauh dari orangtua. kelangsungan hidup perut anak kos tergantung dari uang kiriman orang tua dan tergantung juga dari cara mengelolanya. ini nih salah satu contoh orang-orang yang rindu akan kasih sayang mamaknya yang nyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam.
tapi, ada juga sih beberapa orang yang gak bawa bekal bukan karna anak kos tapi karna mamaknya gak sempat masak karena berbagai alasan, seperti lagi sakit atau emang mamaknya wanita karir.
untuk mereka, salam puk-puk aja deh yaaa....


masih banyak lagi sih alasan-alasan kenapa mereka (read: pelajar & mahasiswa) gak mau bawa bekal makan siang, seperti jadwal sekolah dan kuliah gak sampe sore jadi gak perlu bawa bekal karna bisa langsung pulang kerumah, atau ada jadwal yang mendadak seperti ada les tambahan atau belajar kelompok, jadi terpaksa beli makan siang diluar trus minta ganti uang makan siang sama mamak. hahaha *ada kok yang beginian*

padahal nih yaa, banyak loh keuntungannya kalo kita bawa bekal makan siang khususnya untuk kita yang aktivitasnya sampe seharian diluar. sepertiii.....
1)  Bebas dari bahan-bahan masakan yang tidak baik.
pada tau dong semuanya, ternyata banyak pedagang makanan itu melakukan tindakan yang tidak baik. sering liat investigasi dibeberapa stasiun televisi gak? disana kan banyak tuh ditayangin pedagang yang melakukan kecurangan untuk medapatkan rejeki. nah, lebih baik mencegah dari pada mengobati, itu perumpamaan yang tepat buat kita. mulai dari sekarang kita harus menjaga tubuh kita dari bahan-bahan makanan yang berbahaya sebelum kita rasakan akibatnya. awak waktu sekolah dulu pernah gak bawa bekal makan siang karna kelupaan, akhirnya awak beli makan siang di depan sekolah. eh malamnya perut awak sakit, ternyata kenak disentri coy! seminggu gak sekolah. pas ada ujian bulanan pulak! lengkap gak penderitaan itu? gak tau yang salah siapa, cuma itu teguran supaya awak gak jajan sembarangan lagi.


2) Hemaaaaattt!
yaaa, kalo emang kita masih minta uang sama orang tua, mending sadar diri deh... mamak kita aja yang udah berpenghasilan bawa bekal makan siang ke kantornya. iyaa kan.? kan lumayan tuh, sekalian kita belajar berhemat untuk masa depan kita kelak. #aseeeek! coba deh dihitung-hitung untuk satu minggu berapa uang kelen keluar untuk makan siang doang. besar gak jumlahnya? trus coba deh dihitung-hitung berapa pemasukan kelen kalo bawa bekal makan siang? uda bisa beli tanah?

itulah 2 keuntungan kalo kita bawa bekal makan siang disaat kegiatan seharian di sekolah atau kampus. jadi gak perlu malu deh untuk bawa bekal makan siang. awak aja yang udah berpenghasilan #bah, sombong si kawan ini! masih setia bawa bekal makan siang, lumayan penghematan coy! hahaha

udah lah, cukup sekian postingan awak ini. sebenarnya awak gak tau kenapa bisa dapat ide buat postingan tentang bekal makan siang ini. agak aneh yaa? awak dari sono nya emang aneh. tapi yang mendasari awak untuk buat postingan ini karna awak uda liat langsung sikap-sikap orang-orang disekitar awak yang menganggap sepele kalo ada yang bawa bekal makan siang. semua orang udah dikasih Tuhan akal pikiran untuk berfikir mana yang baik dan mana yang buruk, tinggal tindakannya aja, mengarah hal baik atau tidak.
baiklah, sebelum postingan ini mengarah ke sesi rohani, mending disudahi. intinya sih, jangan pernah malu untuk membawa bekal makan siang, demi menjaga kesehatan dan khususnya demi mamak kita.

3 komentar:

  1. Kalo gue sih, udah disedia-in makan siang dari sekolah.. soalnya pulangnya sore.. Tapi kadang, suka males makan soalnya lauknya gak enak! Hoho..

    BalasHapus
  2. Gue sih kalo dulu, pas SMP, hampir tiap hari bawa makan siang dari rumah. Ya, alasannya sih simple, biar duit awet. kalo sekarang sih males, soalnya bawaan dalem tas penuh sama buku paket. :D

    BalasHapus
  3. kalo gue sih engga pernah bawa bekal waktu zaman sekolah dulu, abis ribet sih :D

    BalasHapus